TIPS KEMBALI BERKENDARA PASCA MOMEN LIBURAN

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Momen liburan telah usai dan hari beraktivitas kembali dimulai. Artinya, buat Anda yang berdomisili dan bekerja di kota-kota besar akan kembali dihadang momen-momen kemacetan di waktu pergi dan pulang kerja.

Nah, buat Anda yang akan kembali menghadapi momen-momen tersebut, berikut beberapa tips yang tetap dapat meredam membosankan dan memicu rasa gusar sepanjang perjalanan.

1. Selalu siapkan manajemen perjalanan.
Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan rasa nyaman dan aman sepanjang perjalanan, karena tidak perlu lagi berpikir dan mengira-ngira rute yang akan diambil menuju lokasi yang dituju.

2. Gunakan aplikasi navigasi digital
Aplikasi navigasi digital, termasuk di smartphone seperti Google Map atau Waze, dapat membantu Anda membaca situasi lalu lintas yang terjadi di sekitar dan ke depan.
Meski demikian, jangan bergantung 100% pada layanan navigasi digital, sifatnya sebagai perangkat pendukung saja. Pasalnya masalah koneksi dan re-koneksi koordinat pada peta digital yang berubah dapat mengganggu fokus mata dan konsentrasi Anda dari situasi jalan. Hal ini tentu berbahaya.

3. Sediakan air putih
Air putih penting buat menjaga dahaga sepanjang perjalanan, meski demikian minumlah secukupnya. Jangan berlebihan dan memicu Anda untuk mudah ingin buang air kecil.
Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah buang air kecil terlebih dahulu, jangan sampai terjadi saat berada di tengah kemacetan.

4. Setel radio dengan volume suara sedang
Menyetel radio dengan volume sedang dapat membantu Anda lebih rileks pada saat mengemudi. Plus melalui sang penyiar atau pendengar lain dari radio tersebut, Anda bisa mencapatkan perkembangan informasi terkini, termasuk situasi kondisi jalan.

5. Pastikan mata tetap fokus memantau
Ingat, mengemudi adalah full time job. Jangan sampai sedikitpun mata Anda luput dari mengawasi situasi jalan di depan dan sekeliling. Khususnya di kondisi jalan yang macet, bukan rahasia lagi jika jarak antar kendaraan sangat dekat. Luput sedikit saja dari pengawasan mata, maka potensi insiden dengan kendaraan di depan dan samping lebih mudah terjadi.

Semoga bermanfaat. (Derry Journey)

 

Sumber: Aftermarketplus.id

Share this Post: