TIPS PERHITUNGAN USIA BAN MOBIL

TANGERANG, AFTERMARKETPLUS – Kerjasama aftermarketplus.id dengan PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen mobil GT Radial ternyata juga mengundang pertanyaan dari kalangan komunitas mobil.

Jumat (15/7), komunitas Suzuki Ertiga Club Indonesia (ERCI) chapter Tangerang yang mengajukan pertanyaan sebagai berikut, “Berapa umur ban yg baik, apabila terhitung dari tahun produksinya? Di luar usia pemakaian.

Dan berikut jawaban dari Product Development PT Gajah Tunggal Tbk:

Umur ban yang baik di luar pemakaian, tidak berdasar pada ukuran waktu melainkan pada kualitas penyimpanan.

Anjuran penyimpanan ban yaitu ditempatkan pada ruangan dengan sirkulasi udara yang mengalir dengan suhu yang relatif stabil.

Letakkan secara vertikal atau pada rak ban khusus. Selalu lakukan perubahan titik tumpuan dengan memutar ban secara berkala. Hindari dari tumpuan pada benda yang bersudut atau tajam yang bisa merusak ban.

Hindari peletakan secara horisontal dan menumpuk ban. Jauhkan penyimpanan dari cairan kimia dan terik matahari langsung atau sumber panas yang lain.

Namun demikian meski telah disimpan dengan metode yang baik saran penggunaan hendaknya ban tidak dipakai lagi setelah memasuki tahun ke 8 bahkan jangan sampai melebihi 10 tahun karena perubahan sifat properti pada materialnya.

Dengan kata lain, kualitas penyimpanan ban akan memiliki dampak yang besar pada kinerja dan umur ban.

Semoga menjawab.

Sumber:

Aftermarketplus.id

Share this Post: